Tips Perawatan Tanaman Hias Daun

Tips Perawatan Tanaman hias daun relatif lebih tahan lama berada dalam ruangan. Semakin tebal helaian daunnya Tanaman Hias tersebut, semakin lama bertahan didalam ruangan. Setelah 1 atau 2 minggu, tanaman hias ini perlu dikeluarkan dari dalam ruangan agar mendapatkan sinar matahari langsung. Beberapa tanaman hias daun, seperti ficus, darcaena (hanjuang hijau), epiperum dapat beradaptasi dengan kondisi ruangan tanpa harus dikeluarkan.

Penempatan tanaman di dalam ruangan perlu disesuaikan dengan kebutuhan cahaya tanam tersebut. Tanaman yang menyukai sinar matahari yang melimpah, seperti kaktus, lidah mertua, cordyline, dan sukulen, sebaiknya diletakkan di dekat jendela atau dekat pintu.

Tanaman yang membutuhkan cahaya sedang, seperti aglaonema, anthurium, maranta, dapat diletakkan di dekat jendela yang menghadap ke arah Timur atau Barat. Adapun tanaman yang membutuhkan cahaya sedikit, seperti philodendron dan palem chamedonea, dapat diletakkan di dalam ruangan yang tidak memperoleh sinar matahari langsung.

Baca Juga:

Penyiraman dapat dilakukan sehari sekali. Jumlah air yang diberikan tidak perlu terlalu banyak karena tanaman ini lebih sering diletakkan di dalam ruangan. Pupuk diberikan seminggu sekali dengan menggunakan pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20 atau 30:10:10, dosis yang digunakan 2 gram/liter/minggu. Dapat juga digunakan pupuk lengkap untuk pertumbuhan vegetatif dengan dosis sesuai anjuran.unduhan

TERARIUM

Parsel terarium memang untuk dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi dalam ruang. Biasanya, terarium ini diletakkan di atas meja ruang tamu, meja sudut, atau rak kecil.

Perawatan tanaman dalam terarium sedikit lebih sulit dibandingkan tanaman yang tidak ditata dalam terarium. Rangkaian perawatan tanaman di dalam terarium meliputi penempatan, penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pembersihan.

1. Penempatan

Artikel terkait

Terarium sebaiknya diletakkan di dalam ruang yang cukup mendapat cahaya matahari, tetapi tidak langsung mengenai dinding wadah. Jika diletakkan didekat jendela, terarium perlu diputar secara periodik. Jiak ruang terlalu gelap, dapat ditambahkan cahaya buatan dengan menggunakan lampu fluorescent atau neon.

2. Penyiraman

Secara umum tanaman terarium membutuhkan kondisi media tanam lembab, tetapi tidak sampai tergenang air. Untuk itu, perlu dilakukan penyiraman secara periodik. Tanaman yang membutuhkan cahaya banyak dan sedikit air sebaiknya tidak terlalu sering disiram, cukup dilakukan penyiraman sebanyak 50-75 cc/minggu untuk setiap 400 cm2 luas permukaan media dalam wadah bervolume 7-12 liter.

Sementara untuk tanaman lain secara umum perlu dilakukan penyiraman sebanyak 100-150 cc/minggu untuk setiap 500 cm2 luas permukaan media dalam volume 7-12 liter. Untuk terarium yang wadahnya tertutup, penyiraman cukup dilakukan 2-6 bulan sekali, tergantung kondisi kelembapan di dalam wadah dan media.

3. Pemupukan

Pada dasarnya, pemupukan pada tanaman terarium tidak perlu dilakukan. Ini karena kebutuhan unsur hara bagi tanaman sudah cukup terpenuhi dari media tanaman yang digunakan seperti kompos.

Pemupukan pada terarium sebaiknya dihindari untuk mencegah pertumbuhan tanaman terlalu subur karena prinsipnya tanaman yang ditanam dalam terarium sengaja diperlambat pertumbuhannya.

Pemupukan hanya bisa dilakukan jika memang benar-benar pertumbuhan tanaman kurang baik. Pupuk yang disarankan yaitu pupuk kompos, pupuk anorganik cair, atau pupuk slow release dengan dosis 1/5 dari yang disarankan.

4. Pemangkasan

Pemangkasan daun dan ranting dilakukan jika tanaman tumbuh berlebihan sehingga memenuhi ruang di dalam bejana kaca atau menampilkan pemandangan yang kurang indah. Pemangkasan dilakukan dengan menggunting dahan berukuran kecil atau ranting tanaman yang tidak dikehendaki. Pemangkasan juga ditujukan pada daun dan ranting tanaman yang kering.

5. Pembersihan

Debu dan kotoran sering menempel pada wadah terarium bagian luar. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pembersihan secara periodik. Pembersihan wadah bagian dalam juga perlu dilakukan, terutama setelah dilakukan penyiraman. Membersihkan wadah dapat menggunakan kuas, spon, atau kertas tisu.

loading...
Tips Perawatan Tanaman Hias Daun | Penulis | 4.5