Tips-Trik Merawat Tanaman Hias Parsel

Bagi pengusaha Tanaman Hias parsel memberikan tips perawatan sangat penting agar tanaman yang dikirim tidak mati, tetapi dapat hidup terus. Tips-Trik merawat tanaman hias parsel harus teliti dan yang dapat disertakan sesuai dengan jenis tanamannya. Perawatan tanaman hias parsel disini hanya sebagai petunjuk praktis. Oleh karenanya, hal-hal penting saja yang diulas. Apabila pihak pemesan ingin perawatan yang lengkap, buku mengenai tanaman tersebut dapat disertakan dalam parsel yang dikirimnya.

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga yang dikirimkan tentunya dalam keadaan berbunga. Tanaman berbunga ini sangat baik digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan, baik pada saat hari-hari istimewa maupun pada hari-hari biasa.

Baca Juga:

Namun demikian, bunga-bunga tersebut akan layu dan gugur karena telah berakhirnya masa berbunga atau kondisi ruangan. Pada umumnya, kondisi ruangan, terutama cahaya, tidak mencukupi untuk merangsang tanaman berbunga kembali.

Oleh karena itu, tanaman perlu dikeluarkan dari ruangan dan ditempatkan serta dipelihara di tempat yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan tumbuhnya. Pada waktu berbunga kembali, tanaman dapat digunakan lagi untuk mempercantik ruangan.

  • Phalaenopsis

Anggrek yang mempunyai julukan “anggrek bulan” ini membutuhkan perawatan yang intensif. Dengan mengetahui kondisi lingkungan yang ideal serta perawatan secara rutin, anggrek dapat tumbuh dan berbunga dengan baik.unduhan (5)

Anggrek phalaenopsis ditempatkan di tempat yang ternaungi, jangan terkena matahari langsung. Intensitas yang diperlukan 300-500 fc dengan lama penyinaran 10-12 jam. Pemberian intensitas yang optimal ditandai dengan daun yang agak kaku, tebal, warna hijau cerah, dan tumbuh tegak.

Suhu lingkungan sekitar 25-28 derjat C pada siang hari dan 16-20 derjat C pada malam hari. Kelembapan 60-80% dengan sirkulasi udara yang baik.

Penyiraman dilakukan secukupnya pada pagi hari dan cuaca yang cerah. Air yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar dan busuk batang. Kondisi phalaenopsis yang dirangkai menjadi parsel biasanya dalam kondisi berbunga.

Oleh karenanya, pemupukan yang dilakukan pun disesuaikan dengan kondisi tersebut. Pada saat tanaman masih berbunga, sebaiknya hanya dilakukan penyiraman. Pemupukan dilakukan setelah bunga gugur.

Pupuk yang diberikan yaitu NPK dengan perbandingan 10:10:10 dengan dosis 2 gram/liter/minggu atau pupuk untuk fase vegetatif dengan dosis sesuai anjuran. Setelah seminggu, tanaman dipupuk dengan NPK 10:30:30 dengan dosis 2 liter/minggu atau pupuk untuk fase pembungaan dengan dosis sesuai anjuran.

  • Cattleya

Jumlah bunga cattleya hanya sedikit, tetapi berukuran relatif besar. Perawatannya tidak jauh berbeda dengan anggrek phalaenopsis. Perbedaan terletak pada penempatan tanaman. Cattleya merupakan anggrek yang peka terhadap cahaya serta perbedaan suhu antara siang dan malam sehingga sebaiknya ditempatkan di tempat yang ternaungi atau di bawah paranet.

Artikel terkait

Cattleya dapat tumbuh dengan intensitas cahaya 700-1.000 fc. Suhu ideal yaitu 12,8-15,6 derjat C pada malam hari dan 23,9-29,4 derjat C pada siang hari. Kelembapan lingkungan sekitar 60-80%.

  • Dendrobium

Anggrek ini cukup banyak diminati karena warna bunganya tidak mudah pudar, bunga tidak mudah rontok atau layu sampai beberapa waktu lamanya, serta mudah perawatannya. Dapat dikatakan bahwa dendrobium merupakan jenis anggrek yang paling “bandel”.

Anggrek yang biasa ditanam di pot tidak suka dengan cahaya langsung yang kuat intensitasnya. Cahaya matahari yang sesuai dengan pertumbuhan dendrobium yaitu 50-65%, sedangkan lama penyinaran setidak-tidaknya 10 jam sehari.

Dendrobium tumbuh subur pada suhu 26-26 derjat C pada siang hari, dan 18 derjat C malam hari. Anggrek ini sangat menyukai lingkungan yang lembap yaitu sekitar 70-80%.

Dalam penyiraman dendrobium, perlu memperhatikan bahwa anggrek ini tidak menyukai air yang berlimpah. Keadaan agak kering masih lebih baik dibanding kondisi basah disekitar akar. Anggrek ini termasuk cukup tahan terhadap kekeringan karena menyimpan cadangan air dalam batangnya yang membengkak.

Pada musim kering penyiraman lebih sering dilakukan dari pada musim hujan. Pemupukan dilakukan seperti pada pemupukan phalaenopsis.

  • Vanda

Vanda sudah dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman hias. Kepopuleran vanda bukan saja karena bentuk dan warnanya yang menarik, tetapi sebagai bunga potong vanda cukup mudah diperoleh. Selain indah dan besar, bunga vanda juga tahan lama. Kebutuhan vanda akan sinar matahari berbeda-beda, tergantung jenis daunnya.

Vanda yang berdaun pensil membutuhkan sinar matahari 100% sehingga bila ditempatkan pada tempat yang teduh anggrek ini akan kerdil, kurus, dan lemah. Vanda yang berdaun sabuk dapat menangkap sinar matahari sebanyak-banyaknya sehingga dapat diletakkan di tempat yang teduh atau dengan intensitas cahaya 25-30%.

Kelembapan udara yang optimal untuk anggrek vanda adalah 40-60%, sedangkan suhu udara yang diperlukan kira-kira 28 derjat C.

Anggrek vanda pada umumnya memiliki perakaran yang tebal dan berdaging. Struktur akar yang demikian sangat berguna karena dapat menyimpan air pada musim kemarau. Oleh karenanya, air yang diberikan pada saat penyiraman secukupnya saja agar akarnya tidak membusuk.

  • Tanaman hias bunga non-anggrek

Tanaman hias bunga lebih banyak hidup di dataran tinggi. Lingkungan dataran tinggi yang dingin dan cahaya cukup banyak sangat sesuai dengan lingkungan hidup tanaman hias ini. Oleh karenanya, tanaman berbunga sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapatkan cukup cahaya. Bila selama berbunga diletakkan di dalam ruangan maka setelah bunga gugur segera diletakkan di luar ruangan.

Penyiraman dilakukan sekali sehari atau dua kali sehari bila cuaca cukup panas. Waktu penyiraman yang baik pada pagi dan sore hari. Adapun dasar pemupukan sama dengan pemupukan anggrek yaitu setelah berbunga diberi NPK dengan perbandingan yang sama.

Setelah cukup pertumbuhan vegetatif atau daun-daunnya, tanaman dapat diberikan NPK dengan jumlah P dan K yang lebih tinggi.

loading...
Tips-Trik Merawat Tanaman Hias Parsel | Penulis | 4.5