Tips Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Bibit Tabulampot

Saat musim buah, dengan demikian kita akan mengetahui bibit tersebut dapat berbuah atau tidak. Sebelum pameran pohon buah. Jika kita membeli bibit sebelum pameran, stok bibit di pembibit melimpah dan berkualitas baik dengan harga murah, jika beli di pameran harganya pasti lebih mahal.

Pemilihan media tanam dan pot

Media tanam merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan penanaman tanaman buah dalam pot. Hal ini karena media tanam merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya system perakaran tanaman. Tanaman akan memperoleh berbagai unsure hara yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dari media tersebut. Oleh karena itu, media yang digunakan harus memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain mempunyai kandungan bahan organic yang tinggi, drainase dan aerasi yang baik, dan mengandung unsure hara mineral yang dibutuhkan tanaman.images (12)

Baca Juga:

Kesuburan tanah ditentukan melalui tiga parameter sifat yaitu sifat fisis, kimiawi, dan biologis tanah. Sifat fisik tanah berhubungan dengan kegemburan tanah. Tanah yang subur adalah tanah yang gembur. Pada tanah yang gembur, perakaran tanaman akan mudah menembus tanah untuk menyerap unsur hara yang tersedia. Adapun sifat kimia tanah berhubungan dengan ketersediaan unsur hara makro dan mikro di dalam tanah. Tanah yang subur adalah tanah dengan ketercukupan unsur hara yang subur adalah tanah dengan ketercukupan unsur hara makro dan mikro bagi tanaman. Dan sifat biologisme tanah berhubungan dengan ketersediaan mikroorganisme penyubur tanah yang hidup di dalam tanah. Tanaman tidak dapat langsung menyerap secara langsung pupuk urea, P205, dan K20 yang diberikan pada tanaman. Akan tetap mikroorganismelah yang mengolah pupuk tersebut menjadi unsur yang dapat diserap oleh tanaman.

Penyiraman dapat membuat media tanam tabulampot memadat. Memadatnya media tanam menunjukkan sifat fisis tanah telah rusak. Memadatnya media ini menyebabkan air akan sulit terserap, akar tanaman unsur hara yang diperlukan untuk tumbuh dan berbuah.

Media tanam terbaik untuk tabulampot adalah media yang bersifat porus. Media yang bersifat porus dapat mengalirkan air dengan baik, sehingga air tidak tergenang dan becek saat tanaman disirami.

Artikel terkait

Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung mikroorganisme penyuburan tanah. Pemberian pupuk kimia secara berlebihan pada tanaman dalam jangka panjang akan membuat tanah menjadi ‘asam’, pada kondisi ini mikroorganisme penyubur tanah akan mati. Jika kondisi ini terjadi, maka pemberian pupuk kimia tidak lagi dapat menyuburkan tanah. Hal ini karena sifat fisik tanah juga akan rusak. Akibatnya tanah menjadi keras, dan akan menyulitkan perakaran tanaman. Untuk menetralkan, dengan menjaga pH tanah agar kehidupan mikroorganisme penyubur tanah kembali ada. Untuk itu diperlukanlah pasokan kalsium (Ca) dari luar.

Adapun keberadaan mikroorganisme dalam media berasal dari pupuk kandang yang telah matang. Pupuk kandang yang telah ‘matang’ itu sebenarnya adalah ‘tanah ‘ dengan kandungan unsur nutrien dan mikroorganisme penyubur tanaman. Kompos pupuk kandang memiliki sifat fisis dan biologi yang baik. Mikroorganisme di dalam pupuk kandang akan terus bekerja menjaga tanah tetap gembur. Oleh karena itu, didalam media perlu diberi sekam dan pupuk hayati

Pada umumnya media tanam tabulampot jumlahnya dibatasi oleh volume pot. Oleh karena itu diperlukan komposisi yang tepat untuk membuat perakaran tanaman dapat berkembang dengan baik dan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Apapun jenis tanah mineral yang ada disekitar Anda, bisa Anda gunakan sebagai bagian dari media tanam. Akan tetapi, perlu anda tahu bahwa tanah campuran bekas bongkaranĀ  bangunan, bukan tanah yang tercemar limbah beracun, atau tanah dengan kadar garam tinggi.

Sebelum digunakan, tanah disaring dengan menggunakan ayakan berdiameterĀ  0,5 cm (strimin) untuk mendapatkan butiran tanah yang homogen dan bebas dari campuran batu, kerikil, maupun partikel bukan partikel bukan tanah lainnya. Untuk jenis tanah berat dengan kandungan lempung yang tinggi (tanah liat), porositas atau jumlah pori tanah akan menentukan faktor fisis tanah yang menentukan keberhasilan penanaman. Hal ini karena porositas akan menentukan kemampuan tanah dalam menyimpan dan meneruskan air sehingga tidak menggenangi akar. Porositas tanah juga menentukan kemampuan tanah untuk membantu akar. Porositas tanah juga menentukan kemampuan tanah untuk membantu akar melakukan proses aerasi, dan juga memberikan ruang yang ideal untuk pertumbuhan akar. Oleh karena itu porositas tanah berat harus dimodifikasi agar menjadi tempat yang nyaman untuk pertumbuhan akar.

loading...
Tips Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Bibit Tabulampot | Penulis | 4.5