Umur Dan Ukuran Tanaman Buah Untuk Parsel

Umur dan ukuran Tanaman buah yang digunakan untuk parsel biasanya berukuran kecil atau sedang. Tanaman Buah untuk parsel ini ditanam di dalam pot sehingga mudah dibawa. Bagi penerima parsel, tanaman buah Parsel dapat dibiarkan dalam pot atau dipindahkan untuk ditanam di halaman.

Apabila akan dipindahkan kehalaman, sebaiknya dibuat lubang tanam lebih dahulu dengan ukuran 1,5 kali ukuran pot. Kemudian masukkan media tanam berupa tanah yang telah dicampur pupuk kandang. Keluarkan tanaman secara hati-hati beserta medianya, lalu masukkan dalam lubang tanam. Siram tanaman dengan air secukupnya.

Secara umum, pemeliharaan tanaman buah adalah sama. Penempatan tanaman sebaiknya ditempat yang cukup mtahari. Penyiraman dilakukan setiap hari atau dua kali sehari bila cuaca cukup panas.images (1)

Baca Juga:

Saat penyiraman yang tepat pada pagi dan sore hari. Adapun pemupukannya mempunyai dasar pemupukan yang sama dengan tanaman yang lain yaitu sebagai berikut.

  • Pada masa pembentukan daun, tanaman diberi pupuk untuk pertumbuhan atau pupuk NPK dengan perbandingan 30:10:10.
  • Pada masa pembentukan bunga, tanaman diberi pupuk untuk untuk pembangunan atau NPK dengan perbandingan 15:30:15.
  • Pada masa pembentukan buah, tanaman diberi pupuk untuk pembuahan atau NPK dengan perbandingan 15:10:30.
  • Setelah berbuah, tanaman diberi pupuk pertumbuhan atau pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20.

Pemberian pupuk kimia tersebut perlu diimbangi dengan pemberian pupuk organik. Pupuk organik yang digunakan dapat berupa kompos atau pupuk kandang. Pemberian pupuk organik cukup 6 bulan sekali.

TANAMAN OBAT

Beberapa tanaman obat yang sering digunakan yaitu sambiloto, tempuyung, kejibeling, daun dewa, mahkota dewa, meniran, kumis kucing, bidara upas, dan lain-lain. Kebanyakan dari tanaman obat adalah tanaman liar yang hidup bebas di alam, sehingga perawatannya hampir sama dan mudah.

Penempatan

Untuk tanaman obat yang ditanam dalam pot sebaiknya ditempatkan ditempat terbuka, terkena sinar mathari pada pagi hari. Misalnya di teras atau dibawah pohon.

Penyiraman

Penyiraman harus dilakukan secara teratur, yaitu pada pagi atau sore hari, disesuaikan dengan keadaan cuaca setempat. Bila terlihat media pot cepat kering, terutama saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari. Meskipun demikian jumlah air yang diberikan jangan sampai berlebihan.

Pemupukan

Tanaman obat sebaiknya dipupuk dengan pupuk anorganik atau pupuk kimia karena pupuk tersebut dapat mempengaruhi kandungan di dalam tanaman tersebut. Pupuk yang diberikan cukup pupuk organik, seperti pupuk kandang atau kompos. Pemberian pupuk dapat dilakukan tiap 3-4 bulan sekali.

loading...
Umur Dan Ukuran Tanaman Buah Untuk Parsel | Penulis | 4.5