Waktu Dan Dosis Penyiraman Yang Pas Untuk Bunga Euphorbia

Euphorbia sebenarnya tidak begitu menyukai air. Meskipun tidak menyukai kondisi basah, kebutuhan airnya cukup tinggi. Namun demikian, pemberian air berlebihan dapat mengakibatkan busuk akar. Akar busuk berwarna cokelat dan lembek seperti bubur bila dipegang. Sebaliknya, bila penyiraman jarang dilakukan, tanaman akan mengalami dehidrasi.

Tanda dehidrasi terlihat dari tanaman yang mengerut, daun menguning, mudah rontok, dan sosok tanaman menjadi kerdil. Bila dibiarkan, lama kelamaan tanaman akan merana dan mati.

Jangan terlalu sering menyiram tanaman

Baca Juga:

Penyiraman tidak usah terlalu sering, yang penting media basah. Saat musim hujan, penyiraman dilakukan satu kali sehari, yaitu pagi atau sore hari. Saat musim panas, penyiraman dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.images (10)

Pada musim dingin, bila kabut turun saat pagi, penyiraman dilakukan lebih banyak dilakukan pada pagi hari. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah tumbuhnya cendawan pada bunga. Air yang digunakan untuk menyiram harus ber-pH 7 atau normal.

Tidak ada patokan tentang volume air yang mesti ditambahkan. Penyiraman dapat dihentikan bila air sudah keluar dari lubang di dasar pot. Berdasarkan pengalaman pemilik nurseri, setiap tanaman rata-rata membutuhkan air sekitar 200 ml sekali siram.

Lakukan penyiraman pada waktu yang tepat

Artikel terkait

Penyiraman sebaiknya dilakukan pada sore hari, sekitar pukul 15.00-17.00. Sebab, penyiraman pada pagi hari berisiko. Butiran air yang masih menempel di permukaan daun ketika terik matahari mulai meningkat dapat menyebabkan daun terbakar. Boleh saja penyiraman dilakukan pada pagi hari, asalkan tanaman digoyang-goyangkan agar butiran air jatuh dari daun.

Penyiraman juga dilakukan saat media terlihat kering. Konisi ini dapat diperiksa dengan menggunakan jari. Gunakan jari untuk mengorek media sedalam 1–2 cm. Bila tanah masih terasa basah maka tanaman tidak perlu disiram. Sebaliknya, bila terasa kering maka segera dilakukan penyiraman.

Penyiraman sebaiknya tidak dilakukan saat siang atau sinar matahari terlalu terik. Hal ini dikarenakan air akan menguap sebelum diserap tanaman. Penyiraman dianggap cukup bila air sudah keluar dari lubang bawah pot. Penggunaan sprayer atau gembor lebih baik karena air yang keluar lebih halus dan tidak merusak tanaman. Sebaiknya, seluruh tanaman ikut disiram agar debu atau kotoran yang menempel hilang terbawa air.

Pada awal pembungaan, penyiraman cukup dilakukan ke tajuk tanaman tanpa perlu menunggu air keluar dari lubang media tanam. Sebab, pada masa itu euphorbia membutuhkan lingkungan kering.

Saat bunga telah muncul, penyiraman sebaiknya ditunjukan pada media tanam. Penyiraman pada tajuk cukup dilakukan 3-4 hari sekali. Setelah penyiraman, tajuk berupa daun dan bunga perlu digoyang-goyang agar butiran air jatuh.

Butiran air yang bertahan di permukaan bunga dalam waktu lama menyebabkan bunga terbakar bila terkena sinar matahari langsung.

loading...
Waktu Dan Dosis Penyiraman Yang Pas Untuk Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5