Waktu Penyiraman Anggrek Muda

Waktu penyiraman anggrek muda.Air merupakan komponen yang paling penting dalam kehidupan semua makhluk hidup di dunia. Selain sebagai perlarut dan berperan penting dalam proses fotosintesis dan proses metabolisme lainnya, air berperan pula dalam mempertahankan turgor dan pengatur suhu. Karena manfaatnya yang penting, faktor ketersediaan sumber air harus menjadi faktor utama dalam memilih lokasi kebun.

Tanaman anggrek akan tumbuh dengan baik bila kebutuhan airnya tercukupi. Namun demikian, tanaman anggrek kadang-kadang masih dapat bertahan hidup dan tumbuh bila mengalami kekeringan untuk sementara waktu.

Kekeringan yang berkepanjangan mengakibatkan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) sehingga pseudobulb menjadi mengerut. Kebusukan atau kerusakan akar biasanya terjadi karena media tumbuhnya terlalu basah (menyimpan air) yang sangat lama sehingga menyebabkan berkembang biaknya mikroorganisme seperti cendawan dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.Waktu Penyiraman Anggrek Muda

Baca Juga:

Selain itu, terbentuk senyawa toksik di media tumbuhnya yang disebabkan aerasi dan drainase yang kurang baik. Kelembapan yang sangat tinggi pada saat suhu tinggi merupakan kondisi yang sangat ideal bagi perkembangbiakan mikroorganisme. Oleh karena itu, penyiraman perlu memperhatikan aerasi dan srainase media dalam pot.

Frekuensi dan volume air siraman tergantung jenis dan besar kecilnya ukuran tanaman dan kondisi lingkungan. Sebagai contoh anggrek tipe monopodial seperti Arachnis, Rananthera, dan Vanda yang menerima cahaya matahari langsung membutuhkan penyiraman lebih sering dibandingkan anggrek yang ternaungi.

Artikel terkait

Lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari. Bila cuaca panas, penyiraman tambahan dapat dilakukan dengan menyemprotkan air dengan sistem berkabut di sekitar tempat pertanaman. Tanaman dewasa membutuhkan penyiraman yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang masih kecil (seedling).

Penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari sekitar pukul 06.00-07.00 dan sore hari pukul 17.00-18.00. Kecuali bila hari tampak mendung atau hujan, frekuensi penyiraman dikurangi. Sebaliknya frekuensi penyiraman ditingkatkan bila cuaca sangat panas atau suhu meningkat tinggi.

Anggrek berumbi semu lebih tahan kekeringan bila dibandingan dengan yang tidak mempunyai umbi semu. Selain itu, tanaman yang sedang aktif tumbuh membutuhkan air lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang sedang berbunga. Tanaman yang sedang aktif tumbuh, sel-selnya sedang aktif membelah diri sehingga membutuhkan air untuk mengisi sel-sel tersebut.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan pada penyiraman tanaman anggrek, yaitu sebagai berikut.

1. Tanaman

Anggrek terestrial biasanya menyukai air lebih banyak dibandingkan dengan anggrek epifit.

2. Media

Kemampuan menyerap air setiap jenis media berbeda-beda. Oleh karena itu, frekuensi penyiraman setiap jenis media pun berbeda. Frekuensi penyiraman untuk media yang mempunyai daya serap air besar lebih sedikit bila dibandingkan dengan media yang mempunyai daya menyerap airnya sedikit.

3. Cuaca

Frekuensi penyiraman tambahan dapat dilakukan bila kondisi media dan lingkungan kering, kelembapan rendah, dan suhu tinggi. Frekuensi penyiraman dikurangi bila cuaca mendung.

loading...
Waktu Penyiraman Anggrek Muda | Penulis | 4.5