Waktu Penyiraman Bunga Philo eceng

Waktu penyiraman bunga philo eceng.Pada prinsipnya, penyiraman dilaksanakan dengan tetap menjaga kestabilan drainase tanaman. Frekuensi penyiraman disesuaikan dengan porositas media tanam, kemampuan tanaman dalam menyerap air dan unsur hara, serta lingkungan tumbuh.

Philo eceng memang termasuk tanaman yang memerlukan pasokan air cukup banyak untuk menunjang metabolisme pertumbuhannya.

Pastikan philo mendapat jumlah air tepat, tidak kekurangan maupun berlebih. Takaran air memadai akan menjaga kelembapan tanaman dan media tanam. Selain itu, air pun akan membantu philo dalam penyerapan unsur hara.

Baca Juga:

Penyiraman tanaman dilakukan secara teratur, minimal satu kali sehari. Namun, pada musim kemarau, frekuensi penyiraman ditingkatkan menjadi dua kali sehari. Hindarkan penyiraman air berlebih, terutama di malam hari karena akan memacu tumbuh kembang jamur dan penyakit akibat kelembapan terlampau tinggi.waktu penyiraman untuk bunga philo eceng

Kegagahan daun dan akar kukuhnyaperlahan bisa luntur akibat busuk. Akan tetapi, jangan sampai philo mengalami dehidrasi karena jumlah siraman kurang.

Artikel terkait

Tanaman yang kekurangan air tampak gejala layu mengering, tidak segar, daun mengerut, berwarna kuning kecokelatan, dan sensitif . Tepat-tidaknya jumlah air siraman dapat ditakar dengan menyentuh permukaan media menggunakan jari atau sumpit.

Bila media basah, hal ini mengindikasikan air siraman cukup. Philo tak menyukai air mengenangi potnya. Penyiraman pun sebaiknya langsung pada media tanam sehingga air mengenai potnya. Penyiraman pun sebaiknya langung pada media tanam sehingga air tidak menggenan di antara tangkai daun philo eceng.

Memangkas daun kuning dan seludang

Buanglah daun yang telah menguning dan akar-akar tua tanaman karena dapat memacu proses pembusukan. Jangan lupa, perhatikan secara seksama bila ada seludang batang yang tumbuh di antara tangkai daun philo eceng.

Seludang berwarna cokelat ini harus sering dibuang karena mudah busuk bila terkena air siraman. Untuk memotongnya, gunakan pisau atau gunting pangkas tajam dan steril.

Mencabut Gulma

Sanitasi dibutuhkan ‘si hijau kembung’ agar tetap tumbuh prima dan sehat. Tanaman berkualitas baik dapat dilihat dari bersih-tidaknya sosok tanaman dan media tumbuh. Jika tanaman favorit ini ditanam pada lingkungan yang sehat, aura tropis philo eceng tentu akan semakin memancar.

Sanitasi pada media tanam diterapkan dengan membersihkan gulma atau rumput liar. Jangan sampai unsur hara untuk philo eceng direbut oleh kehadiran gulma. Cabutlah gulma hingga ke akar dengan menggunakan atau dengan manual menggunakan tangan.

loading...
Waktu Penyiraman Bunga Philo eceng | Penulis | 4.5